Selasa, 20 Januari 2015

Tipikal Konstruksi Furnitur

TIPIKAL KONSTRUKSI FURNITUR MATERI JURUSAN FURNITUR (PERKAYUAN) SEMESTER GANJIL PERTEMUAN PERTAMA 

      Definisi Tipikal 
Tipikal atau bisa disebut macam – macam atau jenis – jenis yang berarti banyaknya suatu jenis yang di kelompokan secara teratur. Dan tipikal dapat membentuk sebuah kelompok atau pengelompokan dari suatu jenis-jenis atau macam-macam yang abstrak.

Tipikal berasal dari kata “type” atau “tipe” artinya model ; contoh; corak dan sebagainya. Kata ini digunakan untuk membagi atau pengelompokan dari sesuatu yang tidak teratur menjadi teratur . Sebuah Tipikal adalah suatu demonstrasi dengan tujuan memberitahu seseorang tentang bagaimana sebuah tugas atau pekerjaan dilakukan. Dalam memberi contoh, sering dipakai singkatan.Kata Tipikal menunjukan kata untuk jenis model berdasarkan dari unsur awalnya.

Kesimpulan :

Kata Tipikal menunjukan kata untuk jenis model berdasarkan dari unsur awalnya.

      Definisi konstruksi
Konstruksi merupakan suatu kegiatan membangun sarana maupun prasarana. Dalam sebuah bidang arsitektur atau teknik sipil, sebuah konstruksi juga dikenal sebagai bangunan atau satuan infrastruktur pada sebuah area atau pada beberapa area. Secara ringkas konstruksi didefinisikan sebagai objek keseluruhan bangun(an) yang terdiri dari bagian-bagian struktur. Misal, Konstruksi Struktur Bangunan adalah bentuk/bangun secara keseluruhan dari struktur bangunan. contoh lain: Konstruksi Jalan Raya, Konstruksi Jembatan, Konstruksi Kapal, dan lain lain.


Konstruksi dapat juga didefinisikan sebagai susunan (model, tata letak) suatu bangunan (jembatan, rumah, dan lain sebagainya)[1]Walaupun kegiatan konstruksi dikenal sebagai satu pekerjaan, tetapi dalam kenyataannya konstruksi merupakan satuan kegiatan yang terdiri dari beberapa pekerjaan lain yang berbeda.


Pada umumnya kegiatan konstruksi diawasi oleh manajer proyek, insinyur disain, atau arsitek proyek. Orang-orang ini bekerja di dalam kantor, sedangkan pengawasan lapangan biasanya diserahkan kepada mandor proyek yang mengawasi buruh bangunan, tukang kayu, dan ahli bangunan lainnya untuk menyelesaikan fisik sebuah konstruksi.


Untuk keberhasilan pelaksanaan proyek konstruksi, perencanaan yang efektif sangatlah penting. Hal ini terkait dengan rancang-bangun (desain dan pelaksanaan) infrastruktur yang mempertimbangkan mengenai dampak pada lingkungan / AMDAL, metodepenentukan besarnya biaya yang diperlukan / anggaran, disertai dengan jadwal perencanaan yang baik,keselamatan lingkungan kerja, ketersediaan material bangunan, logistik, ketidaknyamanan publik terkait dengan yang disebabkan oleh keterlambatan persiapan tender dan penawaran, dll

Kesimpulan :

Konstruksi didefinisikan sebagai susunan (model, tata letak) suatu bangunan (jembatan, rumah, dan lain sebagainya)[1]Walaupun kegiatan konstruksi dikenal sebagai satu pekerjaan,

A.   Definisi Furniture
Perabot rumah tangga 

adalah istilah yang digunakan untuk perabot rumah tangga yang berfungsi sebagai tempat penyimpan barang, tempat duduk, tempat tidur, tempat mengerjakan sesuatu dalam bentuk meja atau tempat menaruh barang di permukaannya. Misalnya furniture sebagai tempat penyimpan biasanya dilengkapi dengan pintu, laci dan rak, contoh lemari pakaian, lemari buku dll. Furniture dapat terbuat dari kayu, bambu, logam, plastik dan lain sebagainya. Furniture sebagai produk artistik biasanya terbuat dari kayu pilihan dengan warna dan tekstur indah yang dikerjakan dengan penyelesaian akhir yang halus.

Sejauh ini industri furniture mebel Indonesia masih memiliki pamor bagus dalam perdagangan dunia. Pada ajang pameran tunggal bertajuk “Indonesia Paviliun” yang berlangsung selama 18-22 Maret 2007 di Shenzen - Cina, furniture asal Indonesia banyak diminati oleh para pembeli internasional. Terdapat sekitar 50 hingga 70 pembeli telah meminta pengusaha Indonesia untuk menjadi pemasok furniture dan kerajinanIndonesia dengan nilai transaksi mencapai sekitar US$ 100 juta .

Furniture merupakan perangkat pengisi suatu interior yang berfungsi sebagai aksesoris pelengkap ruangan. Furniture biasa disebut juga dengan mebel. Mebel berasal dari kata movable, yang artinya bisa bergerak. Furniture juga bisa dijadikan perabot rumah tangga. Apabila Anda hendak membeli mebel rancang dan sesuaikan terlebih dahulu model mebel yang cocok dengan kondisi ruangan baik itu dari segi ukuran maupun tema interiornya.


Kesimpulan :

Mebel atau furnitur adalah semua benda yang ada di rumah yang mempunyai manfaat bagi penghuninya baik untuk duduk, berbaring, ataupun menyimpan benda kecil seperti pakaian atau cangkir. Biasanya bahan mebel terbuat dari kayu, papan, kulit, sekrup, dll.

                                                     BAB 2 KAJIAN MATERI
A.   Pengertian Tipikal Konstruksi Furnitur

                Tipikal Kontruksi Furnitur adalah jenis – jenis atau macam dari pembangunan dari furnitur, pembuatan furniture membutuhkan model jenis yang bisa membuat jenis furniture yang di inginkan. Diabagikan atas beberapa jenis karna membuat inovasi yang lebih bagus dan membuat keindahan dari sesuatu model. Model yang bagus dan rangka yang bagus tentu menjadi incaran setiap para pembeli.

B.   Jenis

Mengenal perlengkapan furniture tidak hanya dari bentuknya saja seperti kursi, meja, lemari, dll melainkan juga dari segi model atau jenisnya.

§PANEL

Panel adalah sebuah kayu papan yang dicengkram didalam alur bingkai (frame) yang menjadi tepiannya. Ujung dari panel yang mengisi ruang alur bingkai dibuat lebih kecil dari ruang alur untuk persiapan pergerakan dari kayu agar pintu tidak rusak retak ataupun pecah.

§PAPAN

Konstruksi yang menggunakan jenis kayu yang berbentuk tipis berbentuk papan dengan bagian dalam mebel itu kopong atau kosong, jika mebel itu murah terdapat bahwa di dalam mebel itu kosong, akan tetapi jika mebel itu mahal maka dalam mebel itu menggunakan serat kayu atau serpihan kayu yang di olah

§RANGKA

Konstruksi rangka adalah jenis konstruksi mebel yang segala bagian nya saling menghubung, jika salah satu bagian nya rapuh otomatis semua bagian dari mebel itu hancur. Biasanya konstruksi rangka digunakan untuk atap rumah berbahan kayu atau yang lainnya.

§KUBUS

§Konstruksi yang berbentuk mula dari kubus lalu dikembangkan ke segala jenis bentuk. Tetapi unsur dari kubus itu masih menonjol. Keuntungan kita menggunakan konstruksi kubus adalah nilai estetika yang tinggi, kokoh atau kuat dari beban yang berat. Kerugian kita menggunakan konstruksi kubus sangat sulit untuk dibuat sistem knockdown (bongkar pasang).

§KAKI YANG DIBUBUT

§Konstruksi yang mementingkan nilai estetika dari mebel itu sendiri, konstruksi ini biasa digunakan pada meja makan, kursi, meja tamu, meja telepon, dan sebagainya. Konstruksi ini bertujuan untuk memperindah tampilan dari mebel itu sendiri.

§SAMBUNGAN

§Konstruksi sambungan adalah konstruksi yang menggunakan sistem sambungan antar kayu, konstruksi sambungan mempunyai banyak jenis sambungan.

Glorasium 

sumber : http:/www.wikipedia.com/

THANK YOU FOR READING THIS BLOG, I HOPE YOUR ENJOY READNIG. BUT DONT FORGET TO LIKE, COMMENT AND STAY AWESOME !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar